Shiatsu Massage On the Roads, Why Not?

Posted on Updated on


 

Belum genap dua tahun menggawangi kelas eksekutif, medio Juli ini, dua armada incumbent Garuda Mas B 7582 IW dan B 7583 IW dilengserkan dari tampuk pimpinan trayek Pulogadung-Purwodadi-Cepu.  Manajemen PO Garuda Mas me-renewal kedua armada ”smiley” tersebut, digantikan dua armada terbaru, yakni E 7937 HA dan E 7527 HA.

 

Duo armada inilah generasi kesepuluh armada numero one Garuda Mas, yang mulai dikenalkan ke publik transportasi per tanggal 9 Juli 2009 kemarin.  Sejak membuka kelas eksekutif di tahun 1990, dengan armada Hino AK berkaroseri IKA (Internasional Karoseri), beragam mesin dan karoseri pernah dicicipi. Mulai Hino RK, MB OH 1113 Prima, MB OH 1521 Intercooler, Hino RG, Hino RK8 dan yang terakhir MB OH 1525 Electric.  Setelah mempercayakan karoseri IKA yang telah almarhum untuk dua armada generasi awal, dan sempat memiliki model patriot ala Laksana, nyaris selama 15 tahun terakhir, armada eksekutif Garuda Mas bercirikan Rahayu Sentosa taste. Mulai era Setra, Milenium, Concerto, Celcius dan New Evolution. Namun, semenjak tidak puas dengan performa armada bermesin Hino RK8, dan berpaling pada produk Mercedes Benz OM 906 LA, Garuda Mas mulai Adi Putro minded.

 

Apa nilai plus plus armada gres Garuda Mas ini?

 

Selain berwajah New Marcopolo, dengan kelengkapan standar kelas eksekutif, dibenamkan fasilitas yang ekslusif, yakni kursi pijat. Dua kursi pijat bermerk Ogawa Smartmate ini diletakkan di dalam smooking area, memanjakan penumpang yang ingin melakukan relaksasi, membebaskan diri dari rasa pegal-pegal dan mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang.

 

Meski terkesan kursi tambahan dari kapasitas tempat duduk yang ada (28 seat), namun kursi ini tidaklah dijual. Hanya dikhususkan untuk service bagi penumpang.

 

“Kami tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan pelanggan setia kami. Kami akan terus berimprovisasi, agar armada kami semakin nyaman dan berkelas,” janji salah satu petinggi pool Garuda Mas Pulogadung, yang sering dipanggil bos kecil oleh bawahannya. “Untuk layanan istimewa ini, kami tidak membebankan harga tambahan untuk tiket. Free untuk menikmatinya,”

 

Sewaktu penulis berkesempatan merasakan pijatan shiatsu dari robotical massage chair Garuda Mas, memang benar-benar sensasional. Saat tubuh terayun-ayun buaian suspensi bis, tubuh terasa rileks dengan pijatan lembut di sekujur punggung. Darah terasa lancar mengalir dan titik-titik akupuntur yang terstimulus memperkuat sistem syaraf dan otot bekerja. Worth untuk terapi kelelahan yang diakibatkan oleh perjalanan panjang. Layak kalau fasilitas bis-bis AKAP disempurnakan dengan layanan ekstra ini.

 

Tak bisa dipungkiri, lima tahun terakhir ini lompatan prestasi Garuda Mas terbilang spektakuler. Setelah membangunan kemudian mengkokohkan wilayah bisnisnya di daerah timur tenggara Jawa Tengah, perlahan tapi pasti hegemoni PO yang berhomebase di Kedaung Cirebon ini semakin nyata.

 

Soal pemilihan mesin untuk armada terbaru, Garuda Mas aspiratif terhadap karakter penumpang, yang terlanjur berfatwa “mau nyaman ya naik mercy”. Seolah tidak mau berhenti melakukan inovasi dalam menebar pesona kepada penumpang, armada kelas Bisnis dan VIP diupgrade sosoknya, dengan mesin buatan Jerman berkaroseri New Marcopolo Adi Putro.

 

Termasuk penambahan kursi pijat untuk kelas eksekutif. Bahkan, dalam sepengetahun penulis, Garuda Mas adalah bis AKAP pertama di Indoensia yang memberikan fasilitas “wah” ini. Bisa jadi, ke depannya, tren shiatsu on the roads akan diikuti PO-PO lain. Sedang untuk kelas ekonomi, sekarang ini Garuda Mas memberangkatkan hampir sepanjang malam saat weekend. Hampir tiap jam diberangkatkan armada ekonomi plus toilet, dengan beragam jurusan semisal Gemolong, Tayu, Sukolilo, Purwodadi, Blora dan Cepu.

 

Hasil kerja dan tetes keringat segenap keluarga besar Garuda Mas berbuah manis. Faktanya jalur Purwodadi-an telah dihijaukan oleh kepak-kepak sayap burung Garuda.

 

Bagaimana dengan nasib bis B 7582 IW dan B 7583 IW? Downgrade-kah? Dilegokah? Ganti status jadi armada cadangankah?

 

“Garuda Mas akan menambah armada eksekutif untuk Cepu Mas. Akan ada dua armada untuk sekali pemberangkatan. Meski untuk sementara, hanya saat hari-hari ramai penumpang, seperti menjelang weekend, libur sekolah atau lebaran. Rencananya, bis kedua akan berangkat jam 4 sore, baik arah Jakarta atau Cepu. Ini demi menanggapi keluhan penumpang, yang menganggap pemberangkatan Garuda Mas terlalu “siang”, papar Pak Alan, sopir senior yang menerbangkan Garuda Mas flight number 7937 HA, saat armadanya penulis tunggangi dalam perjalanan ke Blora, hari Jumat (17/7) kemarin.

 

Great news!!! Setelah beredar berita Pahala Kencana menutup kelas eksekutif Bojonegoro-Cepu-Pulogadung, lahirlah Garuda Mas yang akan menambal jumlah kursi yang ditinggalkan Si Ombak Biru.

 

 

Garuda di dadaku

Garuda kebanggaanku

Kuyakin hari ini pasti menang…

 

 

Kobarkan semangatmu
Tunjukkan keinginanmu
Ku yakin hari ini pasti menang…

11 thoughts on “Shiatsu Massage On the Roads, Why Not?

    eko said:
    14 September 2009 pukul 12:19 pm

    kenangan indah bersama garuda mas…..
    sejak aku lahir ..ceprot, hingga sekarang. 32 tahun sudah..setia mengantarku hilir mudik….
    sulit untuk berpaling…biarpun sempat di cerca orang dengan sebutan ‘bis ember’. tidak bisa dipungkiri, ember ini memang selalu penuh terisi air. ga bocor.

    dan yg menjadi ciri khasnya adalah penumpangnya kuli bangunan semua…orang2 keras…doyan ngebut..kalau ga ngebut,supirnya dimarahi. he..he..

    dan yg paling penting….kapan saja dibutuhkan, garuda mas selalu siap mengantarkan kami. tiap jam.

    bravo garuda mas.

    http://donany563.blogspot.com said:
    24 November 2009 pukul 9:19 pm

    Kalo perlu kursi pijat hub kami

    singgih wicaksono said:
    6 Februari 2010 pukul 11:38 am

    Emng Bner2 TOP Garuda Mas (GM) ., Dri Sya Umur 4 Tahun Smpe Skrng 16 Thun ., Sya Gk Prnah Nyobain bus Lain Slain Bus Garuda Mas Ini ., Kalo Saya Sudah Biasa Disupiri Oleh 1.Alan (Executive) 2. Arifin (pensiun) 3.Amir (pensiun) 4.Rizal (Ekonomi) Sampe2 Yg Punya Nya Jga udh Jdi kyk Kluarga Sendiri ., hehe

    Yg udh Buat Artikel Ini ., Saya Berterima Kasih Karena Sudah Mau Bercerita tentang Garuda Mas ., Karena saya sudah cari di internet , jarang sekali ada artikel seperti ini ., Thx

    didiksalambanu responded:
    10 Februari 2010 pukul 11:10 am

    @singgih
    Sama-sama Mas Singgih, selalu ada kejutan dari PO Garuda Mas. Rencananya, tahun ini kedua bus dengan massage chair akan dipensiunkan diganti dengan armada yang lebih baru lagi.
    Kita tunggu realisasinya…

    Oh iya, kalau ingin berkumpul dengan penggila bus, silahkan kunjungi situs http://www.bismania.org

    singgih wicaksono said:
    18 Februari 2010 pukul 6:34 pm

    ok2., mari kita tunggu kehadirannya .,.

    siap menuju TKP gan ., hehe

    singgih wicaksono said:
    18 Februari 2010 pukul 6:35 pm

    oia ., jngan lupa add Fb saya ya ^ ^ thx

    singgih wicaksono said:
    18 Februari 2010 pukul 6:36 pm
    muhamad rozi said:
    11 Februari 2011 pukul 6:18 pm

    saya tunggu inovasi dari bis garuda mas karena saya dari kecil naik bis garuda mas,tapi sayang tahun ini saya naik naik bis garuda mas tidak nyaman karena saya naik bis class vip bis cuma satu udah telat dan ac nya ga dingin serta banyak yang muntah dan tidak di lap oleh petugas gara2 supir ngebut

    ELANG said:
    10 April 2011 pukul 3:14 am

    B 7583 IW sekarang menjadi bis ac ekonomi seat 2-3, bis yg saya naikin sore hari ini dari wirosari tujuan balaraja.

    Eko Wahyudianto said:
    6 Oktober 2013 pukul 10:25 pm

    E 7527 HA juga sudah di down grade ac ekonomi dengan tampilan baru

    didiksalambanu responded:
    7 Oktober 2013 pukul 8:01 am

    semakin tua, semakin turun pamor ya, mas. demikian halnya e 7527 ha. hmm…mas eko pecinta garuda mas ya?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s