Mengapa Ada “PO Haryanto Motor”?

Posted on Updated on



Sebenarnya, ada sedikit hal yang “mengganggu mata” saat melihat penampakan bis Haryanto akhir-akhir ini. Yakni ada beberapa armada yang bertulisan “PO Haryanto Motor” di lambung body-nya.

Namun, berkat pengamatan yang lumayan jeli, ternyata “anomali” hanya ditemui pada produk New Armada, baik yang model Grand Aristo maupun Avant Garde.

Demi kevalidan kesimpulanku itu, kutanyakan pada kru Haryanto Madura, yang armadanya kunaiki sewaktu perjalanan di malam penghujung tahun 2009.

Menurut penuturan beliau, penulisan PO Haryanto Motor adalah “murni kesalahan”, semestinya cukup “PO Haryanto” saja.

Siapa yang patut disalahkan?

Sebagaimana diceritakan, sewaktu chasis Hino RK8 maupun MB OH1521 (re-build) dikirim ke Magelang, basis lokasi New Armada berada, tak lupa si driver pengantar dibekali surat jalan dari manajemen Haryanto, sebagai bukti serah terima chasis baru/ lama ke pihak karoseri. Nah, di kop surat resmi tersebut tertulis nama “PO Haryanto Motor”, full name dari nama perusahaan yang kepemilikannya dipegang Pak Haji Haryanto.

Sayangnya, pengurus Haryanto yang berkompeten lupa menitip pesan kepada driver tersebut untuk di-forward ke New Armada, bila nanti armadanya sudah 98% jadi, cukup dilabeli PO Haryanto, tanpa embel-embel “Motor”.

Dan sayangnya berkelanjutan, berhubung New Armada juga baru pertama kali mendapat order untuk mem-body armada Haryanto, karyawan bagian painting pun menulis nama PO berdasarkan surat jalan, yakni “PO Haryanto Motor”. Dan ini baru disadari pihak Haryanto saat armada akan dikirim balik ke pool Kudus.

Karena sudah terlanjur terpampang, ya …the show must go on….

Jadi jelas, tak ada yang perlu dipersalahkan. Alih-alih membawa kerugian, justru bagi saya malah mendatangkan kebaikan. Saya demen melihat nama “PO Haryanto Motor”, kelihatan gagah dan garang penamaannya. Hehehe…

Tapi itu terjadi pada pengiriman chasis gelombang pertama, dan sekarang bis-bis ini peruntukannya untuk jalur Kudus-an. Untuk armada baru buatan New Armada, telah dikembalikan menjadi nama umumnya “PO Haryanto”, termasuk Avant Garde langsiran bulan September 2009 yang kutunggangi kemarin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s